Apakah CTR (Click Through Rate) Berpengaruh Terhadap SEO?

By | May 9, 2017

Apakah CTR atau Click Through Rate betul-betul berpengaruh terhadap SEO? Terdapat beberapa orang yang mempertanyakan ini serta hal ini masih jadi perbincangan di internet. Ada dua kubu yang sama-sama beradu alasan, yang pertama sepakat kalau CTR berpengaruh terhadap SEO dan yang lainnya tidak sepakat.

Untuk pemula yang tidak paham apakah itu CTR, jadi CTR adalah persentase klik yang anda peroleh dibandingkan jumlah penayangan di halaman hasil pencarian Google. Serta ini sebagai pertanyaan beberapa orang, benarkah CTR atau Click Through Rate ini betul-betul berpengaruh terhadap SEO.

Dari kubu mereka yang sepakat kalau CTR ini berpengaruh terhadap SEO ada moz.com serta backlinko yang begitu dikenal didunia optimasi website. Percobaan yang dilakukan juga cukup simpel yakni dengan meminta bantuan dari beberapa fans situs mereka untuk mengklik link mereka serta membacanya. Dari percobaan ini ternyata diperoleh hasil lonjakan ranking dari ranking 7 ke ranking 3 untuk uji kasusnya.

Tetapi teori ini memperoleh tantangan dari Bartoz Goralewicz dimana dia mengadakan experimen untuk menghasilkan trafik palsu, serta nyatanya sesudah CTR-nya naik ; yang berlangsung jadi rankingnya turun. Jadi dia menyimpulkan kalau CTR tidaklah aspek SEO. Sebab bila benar CTR yaitu aspek SEO, jadi semestinya ranking naik bersamaan dengan kenaikan dari CTR tersebut.

Jadi mana yang benar diantara dua pendapat ini?

Tentu kita tidak dapat meremehkan salah satunya, sebab keduanya merupakan hasil uji coba yang riil serta memang datanya seperti itu. Berdasar pada hasil uji coba diatas sesungguhnya ada titik temu yang dapat kita simpulkan yakni :

Halaman situs yang sukses menambah CTR-nya diatas CTR rata-rata untuk peringkatnya jelas berpeluang untuk mengalami kenaikan peringkat serta berpeluang untuk mengalami penurunan peringkat.

Hasil uji coba yang mengalami kenaikan peringkat ini diikuti oleh manusia sebagai pengunjung, sedang hasil uji coba yang mengalami penurunan peringkat tidak melibatkan manusia tetapi bot yang melakukan kunjungan otomatis.

Apa ketidaksamaan pada trafik manusia dan trafik bot ini? Trafik manusia akan menghasilkan tanda kunjungan untuk Google, baik itu lama kunjungan maupun bounce rate, sedang trafik dari bot tidak ada.

Dari sini kita dapat lihat kalau CTR sesungguhnya bukanlah aspek SEO tetapi otomatis dapat memengaruhi SEO bila CTR ada diatas rata-rata serta beberapa pengunjung memberi tanda positif ke Google.

Itu bermakna Click Through Rate yang mengalami penambahan  berpeluang untuk menghasilkan user experience yang baik dan akan menambah atau menurunkan ranking kita nanti. Tertarik belajar SEO lebih jauh? Ikuti kelas kursus toko online yang ada di kota Bogor dan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *